Senin, 07 November 2022

Lomba Sekolah Sehat tahun 2022

 

SMEPANESA News – Kemarin Senin, (31/10/ 2022) SMPN 1 Munjungan kedatangan tim penilai UKS/M Kabupaten Trenggalek dalam rangka Penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Trenggalek. Tim juri yaitu Mami Sri Wahyuni, SST., Endah Setiani, Amd.Kl., Heri Cahyono, SKM., Nanik Wulandari, AMK., dan Joko Witono.

Sebelumnya, pada bulan September tim SMPN 1 Munjungan mengikuti seleksi tahap pertama untuk penyisihan 5 besar dengan mengumpulkan video berdurasi 5 menit  dan profil narasi yang berisi gambaran umum tentang pelaksanaan Trias UKS di sekolah beserta inovasi sekolah sehat.

Adapun inovasi sekolah sehat yang diterapkan di SMPN 1 Munjungan adalah Gerebek Aksi Polisi dan Maling. Maknanya menjaga kesehatan dapat kita lakukan melalui dua faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor internal dapat diperoleh dari dalam tubuh seperti makan sehat dengan gizi berimbang dan faktor eksternal dari luar tubuh seperti menjaga kebersihan lingkungan. Gerebek Aksi merupakan akronim dari Gerakan Bawa Bekal Enak dan Bergizi sedangkan Polisi dan Maling adalah akronim dari Pola Hidup Sehat Dengan Menjaga Lingkungan.

Peserta didik dan guru sangat antusias menyambut penilaian sekolah sehat dengan meningkatkan intensitas membersihkan lingkungan, memperbaiki sarana dan prasarana sekolah, serta menjaga lingkungan tetap bersih, sehat, dan asri.

Penyambutan dilaksanakan dengan meriah dan penuh kreativitas dari peserta didik SMPN 1 Munjungan. Kepala sekolah, guru, komite, dan perwakilan wali siswa menyambut kedatangan para Juri di lobi, kemudian pengalungan karangan bunga kepada para Juri oleh Kepala Sekolah, selanjutnya penyambutan dengan tarian cucuk lampah, pemotongan pita tanda dimulainya acara, penyambutan dari seni rampak barong, kemudian tim juri dan kepala sekolah melewati peserta didik yang membawa tongkat sepanjang lorong menuju halaman sekolah, lalu menyaksikan penampilan flashmop peserta didik yang menyuarakan hidup sehat dan 8 Gol UKS. Setelah itu, tim juri beserta para undangan memasuki aula untuk melaksanakan penyambutan secara resmi hingga pelaksanaan verifikasi lapangan. Acara berakhir sekitar pukul 12.00 WIB.

Harapannya SMPN 1 Munjungan mendapat nilai yang terbaik dan warga sekolah selalu menerapkan hidup sehat di lingkungan sekolah setiap hari. Lomba usai tetapi hidup sehat selalu tertanam dalam hati.


admin

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar